Kamis, 05 Maret 2015

5 Tips Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah salah satu 5 panca indra yang penting dalam tubuh kita, akan tetapi mungkin banyak orang diluar sana mengabaikan akan kesehtan mata itu sendiri. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa tips menjaga kesehatan mata. Seperti yang dilansir oleh indiatimes.com.
5 Tips Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat untuk mata sangatlah penting. Beberapa contoh makanan untuk mata adalah ikan, bayam, bawang merah, dan makanan lainnya yang kaya akan vitamin C. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak yang tidak baik untuk kesehatan mata.

Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Hindari terlalu banyak menatap layar komputer
Menatap layar komputer terlalu lama bisa membahayakan kesehatan mata. Oleh karena itu terapkan teori 20-20-20, yaitu setiap 20 menit berpalinglah dari layar untuk melihat ke jarak 20 kaki (sekitar 150cm) selama 20 detik. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan mata.

Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Pemeriksaan rutin
Memeriksakan keadaan mata ke dokter mata adalah hal yang sangat jarang untuk Anda lakukan. Padahal kebiasaan baik ini bermanfaat untuk mendeteksi gangguan mata sedini mungkin. Pastikan bahwa Anda melakukan pemeriksaan mata setahun sekali secara rutin.

Itu saja yak tips yg saya sampai kan ini semoga bermanfaat Grazie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar